Apakah Anda berpikir untuk membangun kolam ikan koi? Memelihara ikan yang luar biasa ini di taman Anda bisa sangat menyenangkan dan tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan perawatan yang tepat, koi dapat hidup selama beberapa dekade dan beberapa dapat menjadi hampir satu meter panjangnya. Ikuti tips ini untuk merencanakan kolam Anda dengan benar agar koi Anda berumur panjang dan bahagia.

1 Kedalaman itu penting

Kedalaman kolam Anda sangat penting. Kedalaman minimum yang disarankan adalah 4 kaki, namun jauh lebih baik untuk memberi ikan Anda kolam sedalam enam atau bahkan 8 kaki. Ini akan memastikan koi Anda terlindungi dari tentang ikan koi rakun, kucing, dan hewan lain yang menyukai makan malam ikan. Kolam ikan yang lebih dalam juga membantu menjaga air tetap dingin di hari-hari musim panas

2 Buatlah kolam Anda seluas mungkin

Kolam kecil tidak cocok untuk koi. Ingat, seiring berjalannya waktu koi bisa tumbuh cukup besar dan akan membutuhkan banyak ruang. Juga ada begitu banyak variasi warna koi, sehingga seiring waktu Anda mungkin ingin menambahkan lebih banyak ikan ke kolam Anda. Jadi lebih baik membuat kolam besar dari awal daripada membangunnya kembali nanti. Sekitar sepuluh ribu galon adalah ukuran yang bagus untuk sebuah kolam koi, lebih besar akan lebih baik.

3 Gunakan pemanas kolam ikan di musim dingin

Tidak seperti ikan tropis, koi tidak terlalu menderita kedinginan; namun Anda tidak boleh membiarkan kolam Anda Jual ikan koi blitar super membeku sepenuhnya. Memasang pemanas kolam yang tepat akan selalu membuat bukaan di es. Perlu diingat juga, bahwa koi hanya tumbuh saat air hangat, jadi dengan pemanas ikan anda akan tumbuh lebih cepat

4 Rencanakan tempat teduh untuk koi Anda

Saat memilih tempat untuk kolam Anda, pastikan tidak terkena sinar matahari langsung. Juga memelihara tanaman air seperti bunga lili air di kolam Anda adalah ide yang bagus – tidak hanya menambah keindahan pada keseluruhan desain, tetapi juga memberikan keteduhan bagi ikan. Namun, Anda harus menghindari membangun kolam koi di bawah pohon. Membersihkan kolam ikan dari daun-daun yang berguguran bukanlah hal yang menyenangkan.

5 Rencanakan untuk memasang jaring burung

Ada banyak burung pemangsa yang senang mencuri koi Anda. Jangan beri mereka kesempatan; rencanakan lokasi kolam Anda sehingga memungkinkan untuk menutupinya dengan jaring.

6 Jauhkan insektisida dari kolam Anda

Saat membuat lansekap kolam Anda perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menggunakan insektisida atau herbisida di dekat air. Bahkan sejumlah kecil racun taman biasa dapat membunuh ikan cantik Anda.

7 Siapkan peralatan yang tepat untuk kolam Anda

Beberapa aksesori sangat penting untuk kolam koi yang sehat. Idealnya Anda harus membeli pompa air, sistem filtrasi, aerator air, dan alat sterilisasi ultraviolet. Jika air di kolam Anda tenang, ikan Anda mungkin sakit dan akhirnya mati. Sistem filtrasi kolam koi mahal, jadi sebagai alternatif Anda bisa membuat filter sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *